Monday, 30 January 2017

Akan banyak sekali meteor jatuh kebumi di tahun 2017 !

Akan banyak kejadian di langit loh tahun 2017 ini salah satu nya ada lah hujan meteor ditahun 2017 ini loh teman optik. mari kita simak  tanggal-tanggal nya.

 4 januari - Hujan Meteor Quadrantid

Quadrantid akan menjadi hujan meteor yang pertama menghiasi langit Indonesia tahun ini. Puncak Quadrantid berlangsung mulai tengah malam hingga menjelang matahari terbit.
Diperkirakan sebanyak 40 meteor per jam akan melesat dari arah Rasi Bootes di langit utara. Bulan fase sabit akan tenggelam sebelum tengah malam sehingga cahaya bulan tidak akan mengganggu pengamatan.


22 April - Hujan Meteor Lyrid

Lyrid adalah hujan meteor pertama pada musim kemarau di Indonesia sehingga lebih mungkin teramati tanpa gangguan awan. Puncak Lyrid berlangsung mulai tengah malam hingga menjelang matahari terbit.
Diperkirakan sebanyak 20 meteor per jam akan melesat dari arah Rasi Lyra di langit utara. Pengamatan Lyrid akan semakin menarik dengan keberadaan Bulan fase sabit di langit timur setelah tengah malam.


6 Mei - Hujan Meteor Eta Aquarid

Dua pekan setelah Lyrid akan berlangsung Eta Aquarid dengan itensitas lebih tinggi. Puncak Eta Aquarid berlangsung mulai tengah malam hingga menjelang matahari terbit. Diperkirakan sebanyak 60 meteor per jam akan melesat dari arah Rasi Aquarius di langit timur.
Bulan fase cembung akan terbenam tidak lama setelah tengah malam sehingga mulai waktu itu pengamatan akan ideal tanpa gangguan cahaya bulan.


30 Juli Alpha Capriconid

hujan meteor alpha capricornid berlangsung dari 3 juli sampai 15 agustus dan akan tampak datang dari arah rasi capricorn. puncah huna meteor capricornid akan terjadi tanggal 29-30 juli dengan 5 meteor per jam. Akan tetapi, biasanya ada bola api yang terbentuk dan melintas di langit malam.
Rasi capricorn sudah terbit sejak Matahari terbenam dan pengamat bisa menikmati huhan meteor alpha capricornid sepanjang malam sampai fajar menyingsing. mulai tengah malam, cahaya bulan seperempat awal tidak akan mengganggu karena bulan sudah terbenaam tengah malam

29-30 Juli Hujan Meteor Delta Aquariid selatan

Setelah Eta Aquarid, kini giriran meteor-meteor dari Delta Aquarid yang akan melesat dari arah Rasi Aquarius. Puncak Delta Aquarid berlangsung mulai tengah malam hingga menjelang matahari terbit. Diperkirakan sebanyak 20 meteor per jam akan melesat dari arah Rasi Aquarius di langit zenit. Bulan fase sabit akan tenggelam sebelum tengah malam sehingga cahaya bulan tidak akan mengganggu pengamatan.


Hujan Meteor Perseid 13 Agustus 2017

Jika biasanya Perseid menjadi hujan meteor terbaik maka mungkin tidak tahun ini. Sebabnya karena Bulan fase cembung akan bersinar cukup terang setelah tengah malam hingga matahari terbit.
Sedangkan puncak Perseid berlangsung pada waktu yang sama mulai tengah malam hingga menjelang matahari terbit. Diperkirakan sebanyak 90 meteor per jam akan melesat dari arah Rasi Perseus di langit utara. Tapi karena gangguan cahaya bulan maka jumlah meteor yang akan terlihat bisa jadi lebih kecil dari itu.


Hujan Meteor Orionid 21 Oktober 2017

Orionid adalah hujan meteor pertama pada musim hujan di Indonesia sehingga lebih mungkin terganggu oleh awan. Puncak Orionid berlangsung mulai tengah malam hingga menjelang matahari terbit.
Diperkirakan sebanyak 20 meteor per jam akan melesat dari arah Rasi Orion di langit zenit. Bulan fase sabit akan tenggelam sebelum tengah malam sehingga cahaya bulan tidak akan mengganggu pengamatan.


Hujan Meteor Leonid 17 November 2017

Badai meteor terbesar dalam sejarah umumnya dihasilkan oleh Leonid dengan itensitas mencapai ratusan ribu meteor per jam. Namun badai meteor Leonid hanya akan terjadi saat kedatangan komet Tempel–Tuttle penghasil Leonid 33 tahun sekali.
Komet Tempel–Tuttle terakhir mencapai perihelion tahun 1998 dan akan kembali tahun 2031. Pada tahun 2017 Leonid hanya akan menjadi hujan meteor dengan itensitas 20 meteor per jam. Hujan meteor Leonid akan berlangsung setelah tengah malam hingga matahari terbit dari arah rasi Leo.


Hujan Meteor Geminid 14 Desember 2017

Geminid akan menjadi hujan meteor yang terakhir menghiasi langit Indonesia tahun ini. Puncak Geminid berlangsung mulai tengah malam hingga menjelang matahari terbit. Diperkirakan sebanyak 120 meteor per jam akan melesat dari arah Rasi Gemini di langit barat.
Pengamatan Geminid akan semakin menarik dengan keberadaan Bulan fase sabit di langit timur setelah tengah malam.

nah jadi siapin kopi nya para pengamat langit, duduk dan nikmati karya tuhan dilangit sana dengan tanggal tanggal yang sudah kita kasih tau di atas ya 

No comments:
Write comments