Friday, 28 July 2017

Mengenal Jenis – Jenis Filter Air Berdasarkan Kegunaannya

Air merupakan zat cair yang keberadaanya dapat mempengaruhi keseimbangan dalam hidup. Bayangkan jika tidak ada air, semua makhluk hidup secara perlahan akan mati akibat kekurangan air. Tentunya air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup haruslah air yang bersih dan tidak tercemar, terutam air yang akan kita konsumsi sebagai air minum dan kegiatan sehari – hari harus menggunakan air sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Salah satu cara agar air yang tidak layak konsumi tapi masiih bisa digunakan bisa dilakukan dengan cara penyaringan dan pengolahan air kotor menjadi air yang layak dengan filter air. Untuk mendapatkan alat penyaring air ini tidak begitu sulit, Anda bisa menemukan toko jual filter air dengan mudah.

Untuk mendapatkan air yang bersih saat ini terutam pada kota – kota besar seperti jakarta, walaupun dikenal dengan kota yang memiliki kemajuan lebih baik dibanding daerah lain, namun masih ada sebagian daerah dan wilayah kota jakarta yang mengalami masalah seperti kekurangannya air bersih. Maka dari itu tidak heran jika di sebagian daerah kota Jakarta banyak yang menggunakan media filter air. Untuk media filter air sendiri terdapat dua macam jensi yang memiliki perbedaan penggunaan, dan berikut penjelasannya.

1. Filter Air Reverse Osmosis 
Jenis filter air ini merupakan filter air dengan teknologi terbaru dan terbaik. Yang membuat filter air reverse osmosis unggul adalah tingkat penyaringan air yang dapat menghasilkan air dengang tingkat layak konsumsi hingga 95% sehingga Anda tidak perlu memasaknya lagi jika ingin mengkonsumsi air tersebut. Filter air reverse osmosis dilengkapi dengan teknologi khusus dengan menggunakan sebuah membran khusus yang dapat mengolah dan menyaring air hingga membunuh bakteri yang terdapat pada kandungan air. Penggunaan filter air jenis ini dapat kita temukan pada depot pengisian air minum isi ulang, untuk penggunaan pada rumah masih jarang karena harga jual filter air jenis reverse osmosis sedikit lebih mahal.


2. Filter Air Bersih 


Jenis filter air bersih ini merupakan jenis terdahulu sebelum filter air reverse osmosis. Yang membedakannya adalah untuk filter air jenis ini, air yang diolah dan disaring tidak dapat langsung digunakan untuk dikonsumsi langsung sebagai air minum harus dilakukan pemasakan terlebih dahulu. Filter air jenis ini dipergunakan untuk menjernikah dan membersihkan air agar dapat digunakan untuk memenuhi kegiatan aktivitas sehari – haris seperti mencuci, mandi dan memasak. Harga jual filter air ini cukup terjangkau sehingga dapat dengan mudah ditemukan pada penggunaan perumahan. Filter air ini bekerja dan menyaring air dengan menggunakan bahan dan media seperti pasir silika, pasir aktif, kabron aktif dan media lainnya. Media penyaring ini tentunya harus dilakukan penggantian secara rutin.




No comments:
Write comments