Saturday, 5 August 2017

3 Langkah Dini Diteksi Kanker Tiroid

Kanker adalah penyakit yang paling di takuti karenakeganasannya yang bisa merenggut nyawa. selain itu sulitnya pengobatan menjadi momok tersendiri untuk jenis penyakit ini,namun sejauh ini
Sebagian besar kasus kanker tiroid bisa disembuhkan jika diketahui sejak dini dan menjalani pengobatan dengan baik dan tepat. Tingkat keberhasilannya pun bisa mencapai 100%. Untuk itu masyarakat diimbau untuk mewaspadai dan memahami gejala kanker tiroid. nah untuk mencegah dan mengantisipasi adanya kanker tiroid sejak di yuk lakukan 3 langkah mudah deteksi dini gejala kanker tiroid sebagai berikut:



1. Berdiri di depan cermin kemudian meraba bagian depan leher.

2. Cobalah untuk menelan dengan posisi tangan masih meraba bagian depan leher.

3. Rasakan adakah benjolan yang bergerak ke atas.


Dokter Dante melanjutkan, jika Anda merasakan ada benjolan yang bergerak ke atas, maka sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut yakni lewat tes Ultrasonografi (USG) dan biopsi. Ciri khas dari benjolan yang berasal dari tiroid adalah benjolan tersebut ikut bergerak pada saat menelan..
Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) tiroid merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang bisa digunakan jika mencurigai adanya benjolan pada kelenjar tiroid. Dari USG tiroid, dapat dilihat ukuran dan karakteristik benjolan. Terdapat beberapa gambaran khusus dari USG tiroid yang sugestif suatu benjolan bersifat ganas atau tidak. Pemeriksaan lebih lanjut yakni Thyroid scan, CT scan, atau PET scan dilakukan bila ada indikasi tertentu.
Pemeriksaan lain yang juga sangat membantu dalam diagnosis kanker tiroid adalah biopsi aspirasi jarum halus (BAJAH). Lewat pemeriksaan ini bisa memastikan benjolan di tiroid itu bersifat jinak atau ganas. Prosedur BAJAH menggunakan jarum yang sangat kecil (halus) untuk mengambil sampel jaringan tiroid. Sampel kemudian dianalisis apakah merupakan tumor jinak, ganas, atau penyakit lain.

Nah itu adalah 3 cara mudah menditeksi adanya gejalan kenker tiroid sejak dini, waspada ya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Sedini mungkin menditeksi adanya penyakit merupakan cara terbaik agar tidak terlambat melakukan pengobatan. Semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments