Wednesday, 23 August 2017

Habiskan Libur Akhir Pekan di Tanjung Bira, Yuk!


Makassar bukan hanya terkenal dengan Pantai Losari, Pisang Epek ataupun Coto. Di ujung paling selatan Sulawesi Selatan, tepatnya Kabupaten Bulukumba, kamu dapat menikmati hamparan pasir putih dan air pantai yang jernih dari Tanjung Bira.

Ada Apa di Tanjung Bira?

Di Indonesia, yang terkenal memiliki pesona Bahari yang indah, kebanyakan akan menyebutkan Bali, Lombok atau NTT. Kini, kamu harus menambahkan daftar yakni Sulawesi Selatan, Tanjung Bira.

Hampir sama dengan kebanyakan pantai di Indonesia, Tanjung Bira memiliki pasir putih. Namun, pasir putih yang ada di Tanjung Bira tergolong lebih lembut tanpa kerikil. Wajar saja ya, jika banyak pelancong lokal dan mancanegara menyebutnya bagaikan tepung terigu.

Air laut Tanjung Bira berasal dari laut lepas yang memiliki perpaduan gradasi warna biru muda dan tua. Di pinggir pantai terdapat tebing panjang yang dibangun beberapa cafe dan juga resort. Pemandangan laut dilihat dari cafe dan resort pun tak kalah memukau. Air laut Tanjung Bira tergolong tenang sehingga pas untuk menyelam atau snorkeling. Selain diving, snorkeling, kamu pun dapat bermain banana boat dengan keluarga atau teman. Kalau kamu hobi memotret, datanglah saat sebelum fajar untuk mengabadikan matahari terbit atau sore hari saat matahari terbenam. Angle foto terbaik bisa kamu dapatkan saat berada di atas tebing.

Masih berada di satu kawasan, setelah menjelajah Tanjung Bira, kamu dapat mengunjungi Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Dari Pantai Tanjung Bira ke Pulau Kambing waktu tempuhnya kurang lebih 15 menit dengan menggunakan speedboat sedangkan dengan perahu 30 sampai 35 menit. Untuk menyewa speedboat, kamu harus merogoh kocek cukup dalam sekitar Rp500.000,- tapi harga masih bisa berubah tergantung kepiawaian kamu dalam bernegosiasi. Bahkan jiga beruntung, harga itu sudah termasuk dengan penyewaan alat-alat snorkeling dan diving.

Pulau Kambing konon hanya dihuni kambing-kambing sehingga cenderung sepi dari aktivitas manusia. Hal ini menjadi keuntungan bagi para wisatawan yang ingin mencari ketenangan dan snorkeling, lagi-lagi menjadi andalan untuk di kawasan ini. Terumbu karang yang berwarna-warna dapat kamu lihat jelas di sini. Jangan lupa untuk membawa kamera underwater ya, agar kamu bisa berberbagi keindahan biota bawah laut Pulau Kambing ke teman-teman! Lanjut ke Pulau Liukang yang lebih ramai bahkan kamu bisa singgah untuk mengisi perut di warung terapung sebelum tiba di Pulau Liukang. Pulau Liukang pun sering digunakan untuk snorkeling hingga diving. Lion fish, karang yang seperti pohon cemara, dan ikan warna-warni bisa kamu temukan. Sayangnya, beberapa terumbu karang sudah rusak karena bom ikan. Jika tidak membawa peralatan snorkeling atau diving, kamu dapat menyewa peralatannya di warung-warung pesisir pantai.

Sore hari, nikamti pesisir pantai di kawasan Bulukumba untuk berfoto di kapal Pinisi yang berada di pinggir pantai. Menurut penduduk setempat, kapal Pinisi yang memiliki panjang tiga meter ini atas permintaan dan biaya dari seorang turis mancanegara.

Bagaimana Cara Menuju Tanjung Bira?


Kalau kamu berasal dari luar Pulau Sulawesi Selatan atau Makassar lebih baik gunakan pesawat terbang dengan destinasi Bandar Udara Hasanudin. Harga tiket pesawat terbaru dari Jakarta ke Makassar mulai dari Rp701.900,- hingga Rp1.490.000,-. Harga tiket tergantung tanggal keberangkatan dan promo yang kamu dapatkan.

Setelah tiba di Bandara, lanjutkan perjalanan menggunakan Bus Damri menuju ke Lapangan Karebosi. Perjalanan masih jauh, turun di Karebosi lanjutkan dengan pete-pete hingga di Terminal Malengkeri. Dari Terminal, kamu dapat menggunakan Bus seharga Rp75.000 per orang.

Nah jika kamu berasal dari dalam Kota, kurang lebih caranya pun tidak jauh berbeda. Kamu dapat memulainya dari Bulukumba atau dari Makassar dengan menggunakan travel seharga Rp40.000 per orang. Setibanya di Bulukumba, lanjutkan dengan pete-pete dengan biaya Rp15.000 per orang.

Biaya dan Fasilitas di Tanjung Bira

Untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Bira, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp10.000 per orang sedangkan wisatawan mancanegara Rp20.000,-. Adapun anak-anak hanya perlu membayar Rp3.000,- Fasilitas di Tanjung Bira sudah cukup lengkap di antaranya: kamar mandi (kamar mandinya selalu dijaga kebersihannya), penyewaan motor, pelabuhan kapal ferry untuk menuju Pulau Selayar, banana boat, speadboat, dan juga akomodasi seperti bungalow, villa, dan hotel dengan harga variatif. Rumah makan dan restoran pun sudah lengkap dengan sajian menu seafood atau makanan Indonesia.
Salah satu restoran yang harus kamu kunjungi saat berada di Pantai Tanjung BIra yakni d’Prahu Resto. Dari dalam Resto ini, kmau bisa mendengar deburan ombak sekaligus melihat hamparan laut. Biasanya resto ini padat di malam hari. Jadi, harap bersabar ya jika pesanan kamu datangnya lama.

Selain Pantai Tanjung Bira, Pulau Kambing , dan Pulau Liukang masih banyak panai lagi yang bisa kamu jelajahi di Bulukumba. Tertarik untuk menghabiskan akhir pekan di Tanjung Bira? Segera tentukan jadwal keberangkatan dan pesan tiket menuju Makassar. Beberapa maskapai penerbangan menyediakan destinasi menuju Makassar dengan harga terjangkau salah satunya Wings Air. Supaya lebih cepat, kamu dapat cek tiket pesawat menuju Makassar dengan Wings Air melalui Reservasi.com yang dapat diakses melalui website dan aplikasi.

No comments:
Write comments