Thursday, 24 August 2017

Instalasi Listrik Rumah: Tips Menghemat Pemakaian Listrik

Kebutuhan akan listrik memang tidak dapat dielak lagi. Apabila dulu listrik hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga dan elektronik, kini ketergantungan kita terhadap listrik semakin tinggi. Hal ini tidak lepas dari adanya gadget yang merupakan produk teknologi informasi dan hampir semua kalangan memilikinya. Tingginya angka ketergantungan terhadap listrik ini menjadikan jasa instalasi listrik rumah dicari agar kebutuhan akan listrik segera terpenuhi.
 
Angka kebutuhan terhadap listrik yang terus bertambah setiap harinya bisa jadi akan membuat energi listrik menipis. Sayangnya banyak dari kita yang belum menyadari bahwa sebenarnya hasil kecerdasan manusia dalam menciptakan teknologi juga menjadi salah satu boomerang bagi kita. Bagaimana tidak, jika kita terus menggunakan listrik tanpa memperhatikan jumlahnya, bukan tidak mungkin SDA ini berangsur habis. Bukankah ini justru menimbulkan masalah baru di lain hari? Untuk itu, mari mulai belajar untuk menghemat listrik.

Menghemat listrik tidak hanya membuat SDA ini bisa diminimalisir penggunaannya, tapi dengan menghemat listrik, pengeluaran bulanan juga bisa diminimalisir. Berikut tips untuk bisa hemat listrik yang perlu diketahui.

Gunakan Pulsa Listrik

Pulsa listrik ini membuat kita lebih tegas terhadap penggunaan listrik dalam kehidupan sehari – hari. Karena sistemnya seperti pulsa ponsel, dimana ketika pulsa habis, maka listrik di rumah kita pun akan terputus dan mati. Dan agar litsrik kembali menyala, kita harus mengisi ulang pulsa listrik. Praktisnya, kita bisa menyesuaikan kebutuhan listrik selama satu bulan yang akan datang. Dengan begitu kita juga bisa memilah lagi, manakah yang harus dieliminasi dari penggunaan listrik.

Cabut Kabel Listrik Saat Tidak Dipakai

Siapa yang sering membiarkan charger terpasang pada saklar atau colokan? Nah mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut jika tidak ingin tagihan listrik membengkak. Untuk bisa menghemat listrik kita memang harus lebih rajin memeriksa kembali, apakah masih ada kabel atau peralatan lain yang terpasang padahal sedang tidak digunakan. Cabut kabel tersebut agar listrik tidak terbuang sia – sia. Apapun itu, entah kabel TV, kabel setrika, kabel charger ponsel dan lainnya harus dipastikan dilepas dari saklar saat tidak digunakan.

Matikan AC Jika Tidak Diperlukan

Sebagai informasi, alat pendingin ruangan jenis AC ini menyerap daya listrik jauh lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Oleh karena itu pilihlah AC yang berfitur hemat energi. Selain itu, gunakan AC seperlunya saja. Tidak ada salahnya jika sesekali kita membuka jendela ruangan untuk mendapatkan udara yang segar.

Perhatikan Pemakaian Lampu

Di siang hari, manfaatkan pencahayaan dari sinar matahari. Buka tirai jendela agar cahaya dari luar bisa masuk ke dalam rumah. Pemakaian lampu pada siang hari adalah salah satu perilaku boros. Jadi gunakan dan nyalakan lampu hanya pada waktu tertentu dan memang sangat dibutuhkan. Dengan begitu penggunaan listrik bisa lebih hemat.

Demikian beberapa tips menghemat listrik yang harus kita perhatikan. Pemakaian listrik tidak sebatas memasang instalasi listrik rumah lalu kita bebas menggunakannya. Perlu kesadaran dari kita untuk bisa memakai listrik secara bijak. Dengan begitu SDA akan terjaga dan kita pun bisa menghemat tagihan listrik.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

No comments:
Write comments