Friday, 3 November 2017

Sistem GTO - Sistem Gerbang Toll Terbaru yang Efektif


Berbagai layanan untuk para pengguna jalan pun senantiasa ditingkatkan oleh pihak pengelola jalan raya, dalam hal ini adalah PT Jasa Marga. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengguna jalan. Kini layanan yang paling baru adalah penggunaan kartu e-toll yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di jalan toll.



Kendati jalan toll merupakan jalan khusus yang dibuat bebas hambatan, namun jalan toll ini juga banyak sekali pemakainya. Jalan toll ini pun juga selalu dibenahi fasilitas dan pelayanannya. Dibenahi untuk kekurangannya dan ditingkatkan untuk kualitasnya. Sistem GTO  adalah sistem yang menaungi penggunaan kartu elektronik pembayaran masuk jalan toll.

Banyak manfaat yang akan didapatkan oleh para pengguna jalan toll stelah memiliki kartu elektronik e-toll  ini, diantaranya adalah :

  1. Transaksi di gerbang toll menjadi lebih mudah, cepat, dan nyaman. Mudah, karena tidak perlu mengeluarkan uang tunai untuk membayar biaya administrasi masuk jalan toll. Cepat karena tinggal menempelkan kartu e-toll ke dalam mesin yang telah disediakan. Nyaman karena pengguna bisa merasakan kenyamanan saat melewati gerbang toll tanpa merasakan macet. Ini akan membuat pengguna lebih cepat sampai ke tempat tujuan.

  1. Terhindar dari uang palsu. Seperti yang kita ketahui bahwa transaksi langsung secara tunai dalam kegiatan apapun sangatlah rentan dengan peredaran uang palsu. Begitupun saat melakukan transaksi di gerbang toll. Tidak dapat dipungkiri jika kita akan mendapatkan uang palsu dari kembalian dan petugas toll juga kemungkinan mendapatkan uang palsu dari uang yang dibayarkan pengguna jalan.  sama-sama dirugikan jika keadaan ini terus berlangsung. Jika sudah menggunakan kartu elektronik, kita tidak akan khawatir mendapatkan uang palsu, karena uang yang kita jadikan transaksi adalah uang elektronik atau e-money. Sehingga sudah secara otomatis diproses oleh sistem.

  1. Tidak terganggu dengan kurangnya uang kembalian. Di mana hal ini akan membuat kerugian tersendiri bagi para pengguna jalan toll. Mereka membayarkan uang administrasi sejumlah tarif yang dikenakan, lalu kemudian mendapatkan uang kembalian. Namun uang kembalian yang kita dapatkan seringkali kurang pas jumlahnya. Hal ini karena antrian jalan toll yang panjang, alhasil petugas memberikan uang kembalian tanpa meneliti jumlahnya. Setelah menggunakan e-toll ini dijamin tidak akan kecewa lagi dengan uang kembalian.

Permasalahan pelik yang memang menghantui para pengguna jalan toll sejak lama ini memang sangat meresahkan. Niatan untuk mendapatkan akses jalan tanpa hambatan di jalan toll terganggu dengan kondisi macet saat membayar administrasi di gerbang toll.


Namun faktanya, banyak manfaat yang akan didapatkan dari sistem GTO di gerbang masuk jalan toll. Tidak perlu bingung dan resah bermacet-macet ria lagi. Perjalanan pun bisa ditempuh dengan cepat.

No comments:
Write comments