Tuesday, 29 January 2019

Ingin Earphone Favoritmu Tetap Awet? Yuk Merawatnya Dengan Benar!

Earphone menjadi salah satu item yang wajib dimiliki apabila kamu memiliki hobi mendengarkan musik. Memang mendengarkan musik ini menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bahkan tidak jarang musik ini dijadikan teman kala mengerjakan tugas mau pun menyelesaikan tanggungjawab pekerjaan.
Aktivitas mendengarkan musik ini bisa jadi dilakukan setiap hari. Ini berarti penggunaannya pun terbilang tinggi. 
  
Frekuensi penggunaan yang cukup sering inilah yang memungkinkan aksesoris ini mudah rusak. Apa lagi jika tidak dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin kinerjanya akan menurun dan berangsur rusak.

Belum lagi jika aksesoris ini kamu bawa saat traveling. Cara menyimpan yang kurang tepat juga dapat membuatnya rentan rusak. 

Merawat Earphone
Memang perangkat apa pun bisa rusak, namun masa pakainya bisa lebih panjang jika dirawat dengan benar. Nah agar earphone kamu tetap awet, ada baiknya kamu menyimak ulasan seputar tips merawat earphone di bawah ini.

      1.      Jarak antara smartphone dan earphone terlalu dekat
Terdengar sepele, tapi jika ini berlangsung terus-menerus maka dapat memperpendek umur earphone. Oleh karena itu hindari menaruh smartphone terlalu jauh dari posisi earphone yang dipakai. Dengan begitu keduanya tidak saling tertarik.

      2.      Hindari memakai earphone saat telinga basah
Perlu diketahui bahwa item ini cukup rentan dengan air maupun permukaan yang basah. Ada baiknya kamu tidak memakainya saat telinga sedang basah agar tidak terjadi korsleting.

      3.      Rutin dibersihkan
Sama seperti aksesoris lainnya, item ini juga harus dijaga kebersihannya. Apa lagi hampir setiap hari dipakai, tentu banyak kotoran dan bakteri yang menempel. Jangan sampai hal ini mempengaruhi kesehatan telinga. Oleh karena itu upayakan untuk membersihkan earphone secara rutin. Manfaatkan air hangat dan cairan desinfektan serta kapas atau cotton buds untuk membersihkannya. Seberapa seringnya dibersihkan tergantung dengan frekuensi pemakainnya.

      4.      Lepaskan dari smartphone atau gadget
Tidak jarang kamu akan membawa smartphone atau gadget dengan kondisi earphone yang masih tertancap. Padahal yang seperti ini justru memungkinkannya tertarik atau tersangkut pada saku celana atau tas. Apabila ini terus terulang, siap-siap saja jika suatu hari nanti kamu akan mendapati kabel yang putus.

Untuk itu mulai hari ini usahakan segera mencabut atau melepaskannya dari smartphone setiap kali selesai digunakan agar kualitas kabelnya terjaga.

      5.      Gulung dengan benar
Sebenarnya hal-hal sederhana seperti menggulung kabel earphone dengan benar dapat membuatnya lebih awet. Sayangnya, masih banyak yang terlalu malas untuk menggulungnya dengan rapi.

Padahal tekstur kabel dari aksesoris ini cukup sensitif dan mudah putus akibat sering tertarik maupun karena salah metode gulung. Guna menghindari kabel putus, sebaiknya terapkan metode menggulungnya dengan simpul ke bawah dan ke atas.

      6.      Simpan di casing earphone
Setelah digulung dengan benar, usahakan untuk menyimpannya di kantong khusus. Kamu bisa membeli casing khusus aksesoris ini yang umumnya berbentuk seperti kantong kamera saku. Jangan asal menyimpannya, alih-alih ingin melindungi earphone, yang ada aksesoris ini bisa tertindih benda lain jika tidak disedikan kantong khusus.

Demikianlah 6 tips merawat earphone yang dapat kamu terapkan. Memang harganya tidak terlalu mahal, namun bukan berarti kamu bebas menggunakannya tanpa mempedulikan perawatannya. Apa lagi aksesoris ini digunakan di telinga yang merupakan bagian dari anggota tubuh. Itu artinya kamu pun harus tetap memperhatikan kebersihannya agar tidak memberi efek negatif pada telinga.

No comments:
Write comments