Thursday, 31 January 2019

Inilah Manfaat Baby Spa Hingga Persiapan Sebelum Mengajak Si Kecil untuk Spa

Manfaat Baby Spa sangat baik untuk mendukung daya tumbuh kembang si kecil. Inilah mengapa spa bayi menjadi pilihan bagi ibu masa kini yang ingin memanjakan buah hati tercinta. Memang benar, ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang harus merasakan rileks. Bayi pun demikian. Itu artinya tidak hanya Anda saja yang harus rutin melakukan spa di salon, melainkan bayi Anda pun juga membutuhkannya.


Secara umum spa pada bayi ini hampir mirip seperti spa pada orang dewasa. Teknik yang dominan digunakan adalah teknik memijat. Hal ini dikarenakan tujuan dari spa ini juga sama, yakni bagaimana caranya agar bayi merasa rileks.

Lantas apa sih manfaat baby spa ini? Yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Kesehatan kulit terjaga


Seperti yang diketahui bahwa kulit bayi sangatlah sensitif. Penggunaan berbagai kosmetika bayi memungkinkan timbulnya efek samping pada kulit bayi. Nah, agar kulit bayi ini senantiasa sehat, Anda bisa mengajak si kecil untuk spa. Pada saat proses spa, bayi akan dipijat menggunakan minyak.

Minyak inilah yang dapat meningkatkan kestabilan suhu tubuh si kecil sehingga mencegah hilangnya panas melalui kulit bayi. Adanya minyak yang digunakan saat memijat ini bermanfaat untuk meregenerasi tekstur kulit sehingga kulit bayi kembali fresh.

2. Mendukung daya tumbuh kembang bayi

Pemijatan yang diberikan saat baby spa ini bermanfaat bagi motorik maupun perilaku si kecil nantinya. Umumnya manfaat untuk poin ini akan sangat kentara bagi bayi yang lahir prematur. Pijatan ini dapat membuat si kecil lebih tenang sehingga tidak mudah rewel atau menangis.
 
3. Menambah berat badan bayi

Ternyata manfaat baby spa ini tidak hanya membuat bayi merasa rileks. Bahkan spa ini juga dapat membantu meningkatkan berat badan bayi. Hal ini sejalan dengan hasil studi yang telah dilakukan oleh Field yang dirangkum dalam “Tactile/kinesthetic stimulation effects on preterm neonates”. Di mana di dalamnya disebutkan bahwa bayi yang lahir prematur memungkinkan akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 47% dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi pijatan.

4. Meningkatkan bonding

Spa bayi ini bisa dilakukan di salon bayi atau juga dapat Anda lakukan di rumah. Namun jika Anda sudah mengetahui teknik pemijatan pada bayi, ada baiknya Anda melakukan treatment sendiri di rumah. Apabila Anda sendiri yang memijat si kecil, maka antara Anda dan bayi pun akan terbangun bonding yang lebih kuat.

Perhatikan ini Sebelum Mengajak Si Kecil untuk Baby Spa


Sebelum melakukan spa pada bayi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar saat proses spa si kecil tidak rewel dan bisa menikmati momen spa. Ya, Anda harus memastikan bahwa si kecil dalam kondisi kenyang dan tidak mengantuk. Apabila kali ini Anda memanfaatkan salon bayi untuk spa si kecil, tanyakan apakah air kolamnya mengandung bahan kimia tertentu atau tidak.

Selain itu, Anda harus tahu betul apakah bayi Anda sudah siap untuk melalui tahapan-tahapan saat spa. Misalnya saja, Anda harus paham apakah si kecil sudah siap untuk diajak berenang atau belum. Apabila belum, maka cukup dipijat saja dan di kemudian hari bisa dilatih pelan-pelan hingga si kecil benar-benar siap berendam di kolam.

Namun yang pasti, Anda tidak perlu membandingkan bayi Anda dengan bayi orang lain. Jangan lantas memaksa bayi untuk berendam karena melihat bayi orang lain yang seusia anak Anda sudah berani masuk ke dalam air sedangkan bayi Anda belum berani.
 
Pahami bahwa setiap anak memiliki tahapan perkembangan yang berbeda-beda. Dan sebagai orang tua, Anda lah yang harus senantiasa mendampingi dan mendukung setiap tahap pertumbuhan dan perkembangannya.

No comments:
Write comments