Tuesday, 5 February 2019

Ini Dia Beberapa Jenis Kerja Part Time yang Pas Untuk Para Mahasiswa

Kerja part time online menjadi pilihan yang pas untuk para mahasiswa yang ingin menambah penghasilan. Apalagi mahasiswa memiliki waktu yang lebih longgar jika dibandingkan dengan para siswa dengan jadwal sekolah yang tetap nan padat. Mahasiswa bisa leluasa untuk mencari aktivitas yang bisa menambah penghasilan atau untuk menambah uang saku. Waktu luang para mahasiswa tidak akan terbuang sia-sia.

Yang namanya kerja paruh waktu, berarti kamu tidak perlu bekerja dengan jam kerja yang penuh atau seperti orang bekerja di kantoran yaitu sepanjang delapan jam sehari. Kerja part time ini hanya memerlukan beberapa jam saja atau jika ada acara tertentu saja, sehingga kamu bisa bekerja sambil tetap berkuliah. Jika kamu adalah mahasiswa dan tertarik untuk melakukan kerja paruh waktu, bisa melihat beberapa pekerjaan berikut ini yang pas untuk para mahasiswa :
1.      Tutor atau Guru Les
Menjadi tutor atau guru les adalah pekerjaan yang paling banyak diambil para mahasiswa. Ada beberapa kampus yang menyediakan jasa untuk menjadi tutor bagi para junior yang ada di semester awal.

Tugas kamu hanya menguasai berbagai materi perkuliahan dan bisa menjadi tutor para mahasiswa baru. Kamu bisa membagi ilmu dan pengalaman kuliah sembari menjadi tutor. Keuntungan dari menjadi tutor ini adalah kamu bisa mendapat bayaran berupa beasiswa dan potongan SKS.

Selain menjadi tutor, kamu bisa menjadi guru les. Saat ini banyak sekali para murid sekolah yang membutuhkan guru les, misalnya untuk mata pelajaran SD hingga SMA. Materi yang diajarkan tentu sudah pernah kamu pelajari. Hanya perlu mengulang beberapa saat dan kamu dengan mudah bisa mengajarkannya.

Untuk yang mempunyai kemampuan berbahasa asing, kamu bisa memberikan kursus bahasa asing pada mereka yang membutuhkan. Pilih saja, kamu ingin mengikuti lembaga les tertentu, atau membuka jasa sendiri secara mandiri.

2.      Desainer
Jika kamu mempunyai keahlian desain atau kuliah jurusan desain, bisa membuka jasa desain CV atau desain logo, kartu nama, dan website. Ini bisa kamu manfaatkan jika teman kamu atau orang lain sedang merintis usahanya.

Sebagai permulaan, kamu bisa membuat logo dan profil bisnis sendiri untuk portofolio yang nanti bisa menjadi bahan untuk dipromosikan kepada orang lain, agar mereka tertarik memakai jasa desain milik kamu.

3.      Waitress atau Barista
Menjadi waitress atau barista di sebuah tempat makan maupun coffe shop bisa menjadi pilihan tepat untuk kerja paruh waktu. Karena saat ini coffe shop dan tempat makan sangat menjamur di setiap penjuru kota. Ini bisa menjadi peluang bagus untuk para mahasiswa yang ingin menambah penghasilan.

Untuk coffe shop, kamu bisa melamar sebagai barista, tugasnya membuat minuman khas yang dijual di tempat tersebut. Selain itu, juga bisa menjadi waitress di resto atau café, tugasnya mulai dari makanan dan minuman hingga bersih-bersih tempat.

Biasanya pekerjaan ini akan dibayar dengan hitungan per jam dan waktunya bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. Para pecinta kopi sangat pas untuk menjadi barista, selain bisa bekerja, kamu juga bisa belajar bagaimana cara membuat kopi yang enak.

4.      Penulis lepas
Untuk kamu yang suka menulis, bisa memanfaatkan peluang menjadi penulis lepas. Saat ini ada banyak bisnis yang membutuhkan artikel sebagai media promosi mereka, apalagi banyak orang yang lebih memilih mencari informasi tentang hal-hal baru melalui smartphone, melalui apa yang mereka baca.
Demikian beberapa lowongan kerja part time yang bisa kamu coba untuk para mahasiswa. Tentunya dengan melakukan kerja paruh waktu ini, kamu bisa bekerja namun tidak mengganggu waktu kuliah.

No comments:
Write comments