Thursday, 7 February 2019

Jadwal Pilpres 2019 Semakin Dekat, Siapa Pilihan Anda?

Jadwal pilpres 2019 sudah semakin dekat. Tanggal 17 April 2019 mendatang akan digelar pemilihan presiden secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Artinya, masa depan Indonesia untuk 5 tahun mendatang akan segera ditentukan. Lalu, siapa yang menjadi pilihan Anda? Tentu saja Anda harus menentukan pilihan sekarang juga karena pemilu semakin dekat.

Seperti kita tahu bahwa ada dua pasangan yang mencalonkan diri sebagai presiden dan wakil presiden. Pasangan nomor urut satu adalah Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sementara pasangan nomor urut dua adalah Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Keduanya memiliki visi dan misi yang berbeda sekaligus strategi yang sama-sama kuat.

Pemilihan presiden merupakan sebuah momen yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Di saat pemilihan umum inilah, bangsa Indonesia akan menentukan nasibnya untuk masa pemerintahan selama lima tahun mendatang. Pilihan yang tepat akan mengubah masa depan bangsa Indonesia dan membawa kemajuan bagi negara ini.

Rangkaian Jadwal Pilpres

Pemilu presiden tercatat akan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Hari tersebut adalah hari dimana dilakukan pemungutan suara dan penghitungan suara. Namun, selain tanggal 17 April 2019 ada rangkaian jadwal pilpres 2019 lainnya yang mengiringi perhelatan pemilihan presiden tahun ini.

Rangkaian acara pilpres dimulai pada bulan Juli tahun 2018 lalu. Tanggal 1 hingga 3 Juli 2018 dilakukan pengumuman pengajuan daftar calon presiden dan wakil presiden. Setelah melalui beragam proses panjang, tanggal 23 September 2018 ditetapkan sebagai dimulainya masa kampanye dan akan berakhir pada tanggal 13 April 2019 mendatang.

Untuk memperkuat pilihan masyarakat, diadakan debat yang dibagi menjadi empat sesi debat. Kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden harus menjalani empat kali debat dengan materi atau topik yang berbeda-beda. Debat pertama telah diadakan pada tanggal 17 Januari 2019 dan mengangkat tema hukum, HAM, dan terorisme. 

Sementara itu, debat kedua akan diselenggarakan pada tanggal 17 Februari 2019 mendatang dengan tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Debat ketiga akan digelar pada tanggal 17 Maret 2019 dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan.

Debat terakhir atau debat keempat akan diselenggarakan pada tanggal 30 Maret 2019. Debat keempat mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, hubungan internasional. Semua sesi debat ini diselenggarakan dengan tujuan menguji kemampuan setiap calon presiden dan wakil presiden sekaligus memberi pengetahuan kepada masyarakat luas.

Siapa Pilihan Anda?

Pilpres 2019 semakin dekat. Sudah waktunya Anda mulai menentukan pilihan. Siapa yang akan Anda pilih pada pilpres 2019 kali ini? Setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden menunjukan kemampuan dan kelebihan mereka masing-masing. Kini tinggal bagaimana Anda membuat penilaian dan menjatuhkan pilihan.

Siapapun pilihan Anda, pastikan pilihan tersebut diambil demi kebaikan dan kemajuan Indonesia. Jangan sampai pilihan yang Anda ambil semata-mata hanya keinginan ego semata. Objektivitas sangat dibutuhkan untuk menilai kualitas dari masing-masing pasangan calon. Itulah mengapa dibutuhkan pemikiran kritis dan terbuka untuk menentukan pilihan Anda. 

Setiap orang memiliki hak untuk memilih. Siapapun pilihan Anda, pastikan untuk memberikan suara. Partisipasi Anda dalam pilpres akan sangat berarti bagi kemajuan negara ini. Hindari keputusan untuk golput dan tentukan pilihan Anda sekarang juga. Jadwal pilpres 2019 semakin dekat namun masih ada banyak waktu untuk memikirkan siapa pasangan terbaik untuk dipilih.

No comments:
Write comments